Selasa, 13 Januari 2015

kompon komponen final drive

Komponen Utama Final Drive.

Assalammuakaikum..
Kali ini,saya akan membahas tentang Bagian bagian final drive/Gardan beserta fungsinya.


Definisi Dan Pengertian Final Drive (Penggerak Akhir)
Susunan roda gigi penggerak akhir adalah pegurang kecepatan yang biasanya diperlengkapi dengan satu atau dua set roda gigi lurus dan pinion boss roda gigi penggerak akhir.
Prinsip yang dipergunakanpada transmisi dimana kecepatan rotasi dikurangi dan momen puntir ( torque ) ditambah oleh sejumlah roda gigi yang dipergunakan pada penggerak akhir.

Masing-masing bak penggerak akhir ( final drive case ) dipasang melebar keluar dari bak roda gigi tirus ( bevel gear case ) pada masing-masing sisi. Dengan memilih perbandingan kecepatan yang tepat momen puntir ( Torque ) sebelum ke penggerak akhir ( final drive ) dapat diperkecil. Dengan demikian, transmisi yang sama, poros roda tirus ( bevel gear shaft ) dan lain-lain dapat dipergunakan yang sama pada berbagai jenis model mesin.

Roda gigi penggerak akhir ( final Drive gears ) dapat dihadapkan pada tekanan permukaan yang besar disebabkan oleh beban goncangandan benturan ( shock and impact loads ), yang mana memerlukan perhatian ekstra untuk seleksi oli pelumas dan mencegah masuknya benda asing ke dalam bak penggerak akhir ( final drive cases ).

Perbandingan reduksi normal berada diantara 1/9 sampai 1/12 untuk perbandingan reduksi yang lebih kecil dipergunakan sistem reduksi tunggal ( single reduction system ). Untuk perbandingan reduksi yang besar dipergunakan sistem reduksi ganda atau sistem roda gigi planet. ( Double reduction system or planetary gear system ).


Final drive terdiri dari dua bagian,yaitu:


1.Final gear yang terdiri dari perkaitan antara drive pinion gear dengan ring gear, yang fungsinya untuk memperbesar momen putar dan merubah arah putaran sebesar 90 derajat.
2.Differentail gear yang terdiri dari perkaitan antara roda gigi- roda gigi pinion gear dengan side gear, yang berfungsi untuk membedakan putaran roda kiri dan kanan saat kendaraan membelok.


  • KOMPONEN KOMPONEN UNIT FINAL DRIVE/GARDAN




1.Cincin dorong                                           
2. Mur penyetel
3.Roda gigi samping(side gear)                     4.Pinion penggerak
5.Roda gigi planet/pinion                              
6.Cincin (O ring)
7.(pinion gear)                                                 8.Bantalan belakang
9.Tutup bantalan                                          
 10.Spaser
11.Pengunci mur penyetel                                
 12.Differential carrier
13.Mur penyetel                                       14 Bantalan depan
15.Baut                                                           
 16.Penahan oli
17.Plat pengunci                                               18.Perapat oli (oil seal)
19. Bak differential                                   
 20  Flens penyambung
21Roda gigi ring (ring gear)                           22.Mur pengikat



Bagian bagian final drive :

1. Propuller shaft, berfungsi untuk menghubungkan putaran dari transmisi ke diffrential. Transmisi di pasang pada rangka sedang difrential dipasang pada axle yg di tunjang oleh pegas.
2. Universal joint, untuk memungkinkankinkan terjadinya perpindahan tenaga dengan lembut tanpa dipengaruhi oleh perubahan sudut.
3. Slip yoke, berfungsi untuk mengimbangi adanya perubahan jarak antara transmisi ke diffrential.
4. Driffrential berfungsi mengubah arah putaran mesin dan memper besar momen
5. Final gears memperkecil putaran poros engkol untuk memperoleh momen yang besar, dan berfungsi merubah arah dari perpindahan tenaga gerak keposisi tegak lurus atau mendekati tegak ke propeller shaft sebelum dipindahkan ke roda roda penggerak
6. Poros penggerak, berfungsi menggerakan roda roda kendaraan, yang menggunakan sistem suspensi independent
7. Axle, penjaga roda roda seperti halnya drive shaft
8. Axle shaft, penyangga roda roda dan kemudian memindahkan moment gerak.

  • FUNGSI FINAL DRIVE
1.Membedakan putaran roda kiri dan kanan pada saat kendaraan membelok
2.Mereduksi putaran untuk menghasilkan momen yang besar
3.Merubah arah putaran sebesar 90 derajat terhadap putaran asal.


  • CARA KERJA FINAL DRIVE
1.Pada saat jalan lurus
     Pada saat kendaraan berjalan lurus pada jalan datar tahanan gelinding (rolling resistance) pada kedua roda penggerak (drive gear) relatif sama.
    Bila tahanan kedua poros axle belakang sama (A dan B) Pinion tidak berputar sendiri tetapi ring gear, differential case dan poros pinion berputar bersama dalam satu unit.Dengan demikian, pinion hanya berfungsi untuk menghubungkan side gear bagian kiri dan kanan, sehingga menyebabkan kedua drive wheel berputar pada Rpm yang sama.

2. Pada saat membelok
    Pada saat kendaraanmembelok kekiri, tahanan roda kiri lebih besar dari pada roda kanan.Apabila differensial case berputar bersama ring gear maka pinion akan berputar pada porosnya dan juga bergerak mengelilingi side gear seblah kiri,sehingga putaran side gear sebelaelah  kanan bertambah,yang mana jumlah putaran side gear satunya adalah duakali putaran ring gear.
  Hal ini dapat dikatakan bahwa putaran rata-rata kedua roda gigi adalah sebanding dengan putaran ring gear.

  • PENGERTIAN BACKLASH,PRELOAD,RUN OUT
Backlash adalah kekocakan atau kerenggangan atau jarak bebas perkaitan antara 2 roda gigi.
Pre Load adalah beban awal yang di tanggung oleh unit penggerak sebelum menggerakan unit atau komponen lain.
Run Out atau keolengan yaitu besarnya simpangan pada saat komponen diputar.

  • FUNGSI MINYAK PELUMAS PADA FINAL DRIVE
1. Sebagai pelumas
2.Sebagai penyerap tegangan
3.Sebagai peredam suara

  • AKIBAT YANG TIMBUL APABILA MINYAK PELUMAS PADA FINAL DRIVE HABIS
   Dapat mengakibatkan bagian-bagian yang bergerak lebih cepat timbul panas dan mengalami keausan, Timbul bunyi/suara bisik yang sangat mengganggu.

Nah itu saja yang saya bisa bahas,semoga bermanfaat ya..makasih.
Wassalammualaikum..

Sumber:www.jagoanhati.blogspot.com

5 komentar:

Pages - Menu

Categories